Senin, 18 Juni 2012

Warga Kampung Harapan akan Gelar Ritual Buang Suara

Ritual Buang Suara


Metrotvnews.com, Timika: Jika situasi Kota Jayapura, Papua, sudah mulai kondusif, kondisi di Distrik Kwamki Narama, Timika, Mimika, belum sepenuhnya pulih. Ratusan aparat gabungan dari TNI dan Polri masih terus bersiaga di perbatasan kedua kampung yang bertikai. Situasi Kwamki dalam beberapa hari terakhir cukup mencekam menyusul bentrok susulan warga dua kampung Amole dan Kampung Harapan.

Pemantauan Metro TV di Kampung Harapan, Selasa (19/6), warga di kedua kampung masih berjaga-jaga. Namun mereka kini tak melengkapi diri dengan senjata tradisional, seperti panah dan senjata tajam lainnya. Warga terlihat berkumpul di pinggir jalan.  Lain halnya di Kampung Amole. Warga hanya terlihat berkumpul di rumah masing-masing.

Sementara aparat gabungan TNI dan Polri masih bersiaga di perbatasan. Untuk meredam situasi di Kwamki, Polri menerjunkan satuan Brigade Mobil dan Detasemen B Kepolisian Daerah Papua. Sedang dari TNI terdapat satu peleton prajurit dari Brigade Infanteri Ima Jaya Keramo Timika.

Informasi yang diperoleh Metro TV, hari ini warga Kampung Halaman berniat menggelar ritual Buang Suara untuk memberitahukan kepada pihak Kampung Amole bahwa dua warga Harapan tewas akibat bentrok pada Senin kemarin. Rencananya jenazah keduanya dikremasi sesuai adat Papua.

0 komentar:

Posting Komentar