Senin, 18 Juni 2012

Sistem Drive by Wire Grand Livina Tidak Normal?

 Grand Livina 

Jakarta - Hallo detikOto, saya mengendarai Nissan Grand Livina, saya berangkat dari rumah mobil masih berjalan normal seperti biasa.

Setelah melewati beberapa lampu merah, mobil masih bisa berjalan mulus dari posisi netral pada saat berhenti di lampu merah, sampai masuk ke gigi satu.

Tapi ketika berada di lampu merah berikutnya, saya menetralkan kembali mobil saya lalu pada saat lampu sudah hijau, ketika saya masuk ke gigi 1, saya tekan pedal gas, tetapi mobil tidak bisa maju.

Sehingga pada saat pedal kopling saya lepas, mobil mati. Saya coba berulang-ulang masih sama saja.

Indikator RPM pun menunjukkan angka 0 jadi pada saat saya injak pedal gas pun, RPM tidak naik.

Tapi setelah beberapa kali mencoba akhirnya mobil bisa jalan kembali, saya tidak tahu ada masalah apa dengan mobil saya, hal ini baru pertama kali terjadi sejak saya mengendarai mobil.
Mohon bantuan dan pencerahannya sehingga kalau-kalau terjadi lagi, saya tidak bingung ataupun panik. Terima kasih.

Ryan
Jawa Barat

Jawaban:

Grand Livina sudah menggunakan sistem Drive By Wire alias injakan atau tarikan pedal gas sudah tidak menggunakan lagi kabel melainkan menggunakan sensor yang kemudian mengirimkan sinyal ke ECU.

Melihat dari gejalanya pedal gas yang tidak merepons ketika diinjak, kemungkinan besar ada masalah pada sistem drive by wirenya.

Nah untuk memeriksa kerusakan tersebut harus menggunakan scanner, bawalah ke bengkel resmi atau bengkel umum yang mempunyai scanner untuk mengetahui kerusakan yang terjadi.


sumber: http://oto.detik.com/read/2012/06/18/140032/1943981/1116/sistem-drive-by-wire-grand-livina-tidak-normal

0 komentar:

Posting Komentar