Rabu, 20 Juni 2012

Prediksi laga Inggris lawan Ukraina

Prediksi laga Inggris Vs Ukraina

 


Prediksi laga Inggris lawan Ukraina


Setelah menanti cukup lama, akhirnya Wayne Rooney kini bisa turun bertanding. Kerinduan publik terobati untuk menyaksikan penampilan timnas Inggris bersama dengan Rooney.


Seperti dilansir dari laman ESPN, Rooney kini siap kembali ke skuad The Three Lions di laga penentu Grup D melawan Ukraina.

Kini sang tuan rumah Ukraina mulai ketar-ketir karena striker andalannya, Andriy Shevchenko, sedang bergulat dengan cedera lutut.

Tanpa kesertaan sang bintang di kubu Ukraina, apalagi harus melawan Inggris yang diperkuat Rooney, tampaknya secercah harapan bagi tuan rumah kian memudar.

Kembalinya Rooney membuat Hodgson terjebak dalam dilema, karena harus memilih salah satu dari Andy Carroll dan Danny Welbeck untuk bekerjasama dengan Rooney. Keduanya punya potensi. Sang pelatih menyebutnya dengan "masalah klasik manajer yang membuat sakit kepala".

Kehadiran Carroll akan melengkapi pendekatan arterial, sementara Welbeck akan menjadi ujian bagi pertahanan Ukraina karena geraknya yang lebih dinamis.

Mereka berdua bisa saja absen, sedangkan aksi Ashley Young yang standar saja saat melawan Swedia nampaknya tidak akan membuat Hodgson akan meminangnya sebagai duo bersama Rooney.

Sementara itu penampilan Theo Walcott di Kiev yang menyumbang gol hanya beberapa menit setelah dia bangkit dari bangku cadangan.

Tidak lupa si pemain muda Alex Oxlade-Chamberlain juga memperlihatkan bakatnya saat Inggris beroleh seri dengan Perancis. Dengan usia yang muda, dia sudah bisa tampil di kancah internasional. Itu semua menambah kebingungan Hodgson yang harus memilih.

Bagaimanapun juga Inggris hanya butuh hasil seri untuk melenggang ke perempat final, tapi dengan Spanyol menanti bila Inggris menjadi runner up, sementara Ukraina akan ngotot menang agar tidak kandas di fase grup. Inggris berada di dalam bahaya.

Sementara itu, kegemilangan Ukraina di malam pertamanya melawan Swedia sirna saat tuan rumah dipecundangi Perancis di Donetsk.

Anak buah Oleg Blokhin terlihat gugup menghadapi lawan tangguh di debutnya dalam turnamen besar. Dengan perempat final yang nyata di depan mata, harusnya Ukraina sudah cukup termotivasi untuk menjadi delapan besar.

Jika tuan rumah ingin sukses, Yevhen Konoplyanka dan Andriy Yarmolenko harus bisa lebih beraksi daripada saat melawan Prancis.

Ukraina bisa berbesar hati mengatasi Glen Johnson yang melakukan gol bunuh diri, tetapi  Yarmolenko akan lebih kerepotan mengakali Ashley Cole, pemain Inggris kelas dunia yang juga menjadi kekuatan The Three Lions.

Membobol pertahanan Inggris dan membawa bola ke kotak The Three Lions bisa jadi peluang Ukraina. Lini pertahanan Inggris yang kurang kokoh bisa jadi tiket perempat final bagi Ukraina.

Tapi bagaimanapun juga, semua harapan Ukraina ada di pundak Shevchenko yang terbukti masih bisa mengancam lawan hingga detik-detik terakhir.

Bila dia absen, beban itu akan berpindah pada pemain lain yang gagal menunjukkan kepiawaiannya di Liga Primer: Andriy Voronin.

Ukraina punya kesempatan untuk menunda kepergiannya dari Piala Eropa 2012 dengan dukungan luar biasa dari para suporter tuan rumah. Inggris yang rapuh bisa saja tersapu keluar dari Piala Eropa sebelum bisa mencoba bermain di perempat final.

Pemain Inggris yang patut diwaspadai adalah Wayne Rooney. Striker Manchester United yang heboh diberitakan media selama absen di dua laga Inggris terakhir ini akhirnya bisa mulai menunjukkan permainannya.

Absennya Rooney yang disebabkan kesalahannya sendiri mengokohkan alasan bahwa dia berhutang pada timnas Inggris.

Laga penentu di Grup D ini merupakan satu-satunya cara Rooney untuk menyumbangkan hasil terbaik bagi Inggris. Produktivitas gol Inggris di Kiev menambah beban Rooney, apalagi dia belum pernah mencetak satu golpun di turnamen besar sejak Piala Eropa 2004. Saat ini adalah momen yang tepat untuk mengakhiri masa kemarau Rooney.

Sementara itu, Andriy Yarmolenko dari Ukraina patut diwaspadai aksinya. Winger ini memberi umpan untuk  Shevchenko yang mencetak gol pertama di laga melawan Swedia.

Walaupun tuan rumah kewalahan saat berhadapan dengan Perancis, dia tetap menjadi ancaman bagi Les Bleus. Bila Yarmolenko ditempatkan di lini tengah, dia bisa merepotkan Ashley Cole dan mengulang kembali peran yang dicapai di partai pembuka.

Pertarungan seru bisa terjadi antara Scott Parker dan Anatoliy Tymoschuk. Mereka berdua harus membatasi pasokan bola dari striker lawan dan buru-buru merebut bola dari lawan. Dengan tekanan besar pada Ukraina untuk bisa menang, Tymoschuk harus lebih bekerja keras dibandingkan dengan Parker.

Statistik: Dari total 30 menit permainan Theo Walcott di Piala Eropa 2012, pemain Arsenal itu telah mencetak satu gol, memberi satu asis, dan semua (8) passingnya akurat.

Trivia: Total aksi Andriy Shevchenko dan Andriy Voronin adalah 75 laga Liga Primer untuk Chelsea dan Liverpool. Namun mereka hanya bisa mencetak 14 gol.

Prediksi: Ukraina pasti akan menekan sejak awal dan Inggris harus bersiap menahannya. Tapi perbedaan kualitas membuat Inggris tidak akan kewalahan untuk setidaknya beroleh seri, seperti yang mereka butuhkan. (nan)



Editor: AA Ariwibowo

0 komentar:

Posting Komentar