Minggu, 17 Juni 2012

Belajar dari Bandara Terbaik Dunia, Incheon International Airport

Jakarta Peranan penting bandara bagi kemajuan perekonomian suatu negara tak perlu diragukan lagi. Incheon International Airport, Korea Selatan merupakan salah satu kisah sukses pengembangan bandara yang mengimplementasikan konsep Airport City dan memberikan efek lapis ganda bagi pengembangan daerah, nasional dan global.

Terletak sekitar 52 km dari barat pusat kota Seoul, Incheon tumbuh menjadi salah satu bandara terpenting di Asia dengan total 18,000 penerbangan setiap bulannya. Hampir seluruhnya adalah penerbangan internasional. Setiap tahun ada sekitar 30 juta penumpang mengunjungi Incheon International Airport menggunakan lebih dari 70 maskapai dengan hampir 150 tujuan di seluruh dunia.

Incheon International Airport yang mulai beroperasi menggantikan Gimpo International Airport pada Maret 2001 menjadi salah satu generator utama perekonomian Korea Selatan dengan kontribusi pendapatan US$ 16 milyar (Rp 150 trilyun).

Mempekerjakan kurang lebih 35ribu orang, Incheon dianugerahi sebagai bandara terbaik di dunia oleh Airport Service Quality Award dari Airport Council International selama 7 tahun berturut-turut sejak 2005.

CEO dan Presiden Incheon International Airport, Mr. Lee CW akan hadir sebagai tamu dan pembicara spesial di seminar Global Airport Indonesia 2012. Beliau akan memperkenalkan PT Mitra Incheon Indonesia dan berbagi seputar manajemen dan komersialisasi bandara. Rencananya, PT. Mitra Incheon Indonesia akan berbagi teknologi Incheon International Airport sebagai salah satu bandara terbaik di dunia dengan Angkasa Pura.

Selain Mr Lee CW, masih ada puluhan tokoh profesional kenamaan di industri bandara internasional dan Indonesia yang akan hadir sebagai tamu dan pembicara di Global Airports Indonesia 2012.

Beberapa di antaranya adalah: Dr. John Kasarda (Profesor Universitas North Carolina dan penulis “Aerotropolis), Mr. Jeff Scheferman (CEO ADC – Houston Airport System), Bpk. Ir. Ciputra (Legenda Pengembang Real Estate Indonesia) dan Bpk. Emirsyah Satar (Presiden & CEO Garuda Indonesia, Presiden INACA).

Global Airports Indonesia 2012 merupakan seminar dan pameran industri bandara bertaraf internasional yang dipersembahkan oleh PT. Angkasa Pura I (Persero) dan PT. Angkasa Pura II (Persero). Acara yang diorganisir oleh PT. Angkasa Pura Suport dan PT. Angkasa Pura Property bersama dengan US Commercial ini akan membahas implementasi “Airport City” di Indonesia.

Global Airports Indonesia 2012 akan digelar pada 26 – 27 Juni 2012 di Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta. Informasi lebih lanjut tentang Global Airports 2012, silakan klik tautan berikut ini http://www.angkasapura-supports.com/GAI2012/
detiknews.com

0 komentar:

Posting Komentar